Tutorial Menambahkan OptionsMenu Pada Toolbar Android



OptionsMenu Toolbar

Halo gann :D di tutorial sebelumnya saya sudah membahas Tutorial Membuat Toolbar Dengan Android Studio kali ini saya akan memberikan Tutorial  menambah OptionsMenu pada Toolbar, Option Menu sendiri merupakan menu menu yang terdapat pada Toolbar yang terlihat langsung beberapa Icon atau agan mengklik 3 titik di kanan atas akan terlihat sebuah Pop up yang didalam terdapat bebrapa menu tambahan, sebelum melanjutkan tutorial ini saya harap akan Sudah bisa membuat Toolbar Pada Android atau agan bisa Melihat tutorial pada tautan yang saya sebut di atas.

Membuat Project

kali ini saya akan membuat project dengan properties sebagai berikut

Nama Aplikasi : OptionMenu Toolbar
Nama Package Aplikasi : com.jonesrandom.optionsmenutoolbar

nah seperti saya sebut di atas saya harap agan sudah tau bagaimana cara membuat Toolbar agar kita bisa langung menambahkan OptionsMenu Pada Toolbar

Membuat Folder & File Menu

untuk membuat OptionsMenu kita membutuhkan file menu yang nantinya akan di tampilkan pada Toolbar, untuk membuat file Menu ini kita bisa saja langsung membuat nya tapi terlebih dahulu Membuat folder yang Menu karna Android Studio tidak Otomatis membuat folder Menu saat kita membuat Project, untuk cara buat folder menu sendiri agan Klik Kanan pada Folder res - New - Android Resources Directory atau agan bisa melihat gambar di bawah ini

Tutorial Menambahkan OptionMenu Pada Toolbar Android

setalah muncul tampilan untuk menambah folder pada bagian Resource Type agan rubah menjadi Menu kemudian agan klik Oke seperti gambar dibawah ini

Tutorial Menambahkan OptionMenu Pada Toolbar Android
Nah sekarang folder menu sudah ada selanjutnya kita akan membuat file Menu, agan klik kanan pada folder menu yang agan buat tadi kemudian pilih New - Menu Resources File atau agan bisa melihat gambar di bawah
Tutorial Menambahkan OptionMenu Pada Toolbar Android

pada halaman membuat file menu agan bisa memasukan nama file menu agan disini saya menambah dengan nama seperti gambar dibawah , setelah selesai agan bisa langsung klik Oke

Tutorial Menambahkan OptionMenu Pada Toolbar Android

Menambah Menu Item

nah setelah kita membuat Folder & File menu kita akan menambah kan Menu item ke dalam file menu yang sudah agan buat tadi, nahh untuk menambah menu item bisa saja Langsung pada Mode Design tapi saya memilih Menambahkan Menu dalam Mode Text :D oke gan selanjutnya buka file Menu yang agan buat tadi kemudian tambahkan beberapa baris kode seperti di bawah ini

my_menu.xml
bisa agan dilihat pada kode di atas saya sudah menambahkan 3 Menu Item yang didalam sudah saya berikan ID pada masing masing Menu yang nantinya akan kita pakai untuk memberi Action saat Menu dipilih, nah pada showAsAction bisa agan liat di menu yang pertama saya buat Always & sisanya saya buat Never, apa perbedaan nya ? saya coba jelaskan terlebih dulu yaa gan :D

  • Never
saat kita mengatur Never Menu Item tersebut akan di sembunyikan ke dalam Pop Menu yang akan terlihat Saat kita mengklik 3 titik pada bagian kanan Toolbar

  • ifRoom
saat kita mengatur ifRoom menu akan Di tampilkan bisa di luar atau di dalam Pop Up menu tergantung ruangan yang tersedia pada Toolbar

  • Always
dengan mengatur Always Menu akan selalu di tampilkan diluar Pop up Menu

  • withText
untuk bagian ini jika Menu agan terdapat Icon maka Menu akan di tampilkan bersama Title karna secara default jika agan menambakan icon kedalam Menu yang di tampilakan Hanya Icon, withText juga sama halnya dengan ifRoom untuk menampilan Icon bersama Title nya tergantung ruangan pada Toolbar

Merubah MainActivity.java

nah untuk membuat OptionMenu kali ini saya akan memberikan 2 cara untuk inflate file Menu yang tadi kita buat :D 2 cara ini yang biasanya saya pakai tergantung kondisi saat saya membuat Aplikasi :D

  • Cara Pertama
Cara pertama kita akan menginflate file menu yang tadi kita buat lewat Method Callback onCreateOptionsMenu() , onCreateOptionsMenu sendiri secara tidak di panggil oleh Activity saat kita membuat Project jadi kita harus meng Override terlebih dahulu menu tersebut dengan cara menekan kombinasi tombol alt-ins kemudian Pilih Override Method maka akan muncul tampilan seperti berikut


selanjutnya agan cari Method tersebut, cara cepat nya agan bisa mengetik onCreateOptionsMenu maka akan otomatis menuju ke Method yang di cari, jika sudah agan bisa langsung klik Oke & langsung menambah beberapa baris kode kedalam method tersebut seperti di bawah ini

MainActivity.java

nah bisa di lihat kalo saya sudah menambahkan baris kode dmana untuk inflate file Menu.

  • Cara Kedua
cara kedua agak sedikit berbeda dengan cara pertama karna kita bisa langsung inflate file menu dari Toolbar lansgung seperti pada kode dibawah ini

MainActivity.java

 nah bisa agan liat kita bisa langsung inflate menu langsung dari Toolbar tanpa meng Override Method baru :D cara kedua ini juga kita tidak perlu mengatur Toolbar kedalam Support ActionBar karna Menu tidak akan terlihat MenuItemnya, beda lagi jika kita menggunakan Cara Pertama kita harus mengatur Toolbar kedalam Support ActionBar :D saya menggunakan cara kedua ini jika saya ingin meletakkan Toolbar di dalam AlertDialog Atau di Dalam BottomSheetView & saya ingin menambahkan OptionsMenu Di dalamnya :D karna jika kita menggunakan cara pertama maka Toolbar akan mempunyai menu yang double :D agan bisa langsung Menguji apakah OptionsMenu pada Toolbar Berhasil agan buat :D jika tidak ada error maka akan terlihat seperti gambar berikut

 

Menambah Action Pada OptionsMenu

Buka Kembali MainActivity.java agan, sekarang kita akan menambahkan Action saat salah MenuItem diklik, Menambah Action pada MenuItem saat di klik ini kita bisa menggunakan cara berbeda tergantung bgmana agan inflate File Menu seperti di atas, tapi saya akan menunjukan cara bagaimana kita hanya perlu menggunakan 1 cara saja untuk memberikan Action saat MenuItem Diklik :D nahh untuk memberi Acion pada MenuItem kita perlu Override Method onOptionsItemSelected(), cara Overridenya sama seperti saat kita Inflate Menu menggunakan cara pertama :D oke jika agan sudah berhasil Override onOptionsItemSelected(); agan bisa menambahkan bebarapa baris kode untuk menambah Action seperti di bawah ini

MainActivity.java
nah bisa agan lihat di atas untuk menambahkan Action saya menambah beberapa baris kode, switch saya gunakan untuk mengecek MenuItem Mana di Klik dengan Mengambil ID yang sudah kita tambahkan, di sini saya menambahkan Action Dimana saat Menu di klik akan Muncul Pop up berupa Toast dengan keterangan sesuai dengan pesan yang sudah kita atur di setiap Case ID , Oke gan selanjutnya kita langsung Menguji apakah kita berhasil Menambahkan Action saat MenuItem diklik :D jika tidak terdapat error maka tampilan saat MenuItem di klik seperti gambar dibawah ini


Oke gan :D sekian Tutorial Menambahkan OptionMenu Pada Toolbar Android  dari saya ini ,jika ada yang agan kurang pahami dari tutorial di atas agan bisa menyematkan ke dalam kolom komentar apa yang kurang pahami, atau agan kurang paham karna kata kata saya , saya mohon maaf karna saya tidak bisa merangkai kata kata makanya saya sampai sekarang saya Alhamdulillah masih Jomblo.

oke gan sekian dari saya :D Wassalam

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Membuat CustomView AlertDialog Dengan Android Studio

Tutorial Custom Listview Dengan Android Studio

Pengenalan Activity dalam Pemrograman Android