Tutorial Custom Listview Dengan Android Studio

Tutorial Membuat Custom Listview Dengan Android Studio


Custom Listview

halo gan :D melanjutkan Tutorial Membuat Listview Dengan Android Studio kali ini saya akan memberikan Tutorial Custom Listview Dengan Android Studio, Custom Listview sendiri kita bisa lebih leluasa untuk mengcostumisasi tampilan dari Listview itu sendiri, sebelum melanjutkan tutorial saya harap agan sudah bisa membuat Listview atau agan bisa klik tutorial Listview di yang ada di atas

Membuat Project Baru

kali ini saya akan membuat project dengan properties sebagai berikut

Nama Aplikasi : Tutorial Custom ListView
Nama Package Aplikasi : com.jonesrandom.tutoriallistview

pada tutorial ini kita membutuhkan Layout baru untuk single item Listview, Class Adapter yang akan kita gunakan untuk menghubungkan Data dengan Komponen UI dan yang Terakhir Model Class yang akan mendifinisikan tiap item suatu daerah karna pada tutorial ini saya akan menampilkan item pada Listview berupa nama kota/kabupaten, pusat pemerintahan & Logo :D

oke gan pertama kita akan membuat class yang akan kita gunakan untuk mendefinisikan Daerah, untuk membuat Class baru agan bisa klik folder dengan nama package sesuai aplikasi agan kemudian pilih kanan New - Java Class kemudian masukan nama Class yang agan inginkan disini saya menamai dengan ModelDaerah kemudian klik Oke,  selanjutnya buka Class yang agan telah buat tadi kemudian tambahkan beberapa baris kode seperti dibawah ini

ModelDaerah.java

kedua kita akan membuat layout untuk single layout Listview, untuk membuat layout baru agan bisa Klik kanan pada folder layout kemudian pilih New - Layout resource file kemudian masukan nama dari layout yang agan ingin kan di sini saya menamakan row_listview kemudian agan bisa klik oke,  selanjutnya agan bisa buka layout yang agan buat kemudian tambahkan beberapa baris kode seperti di bawah ini

row_listview.xml
bisa agan lihat pada row_listview.xml diatas saya menambahkan 2 TextView & 1 ImageView

nah setelah kita buat layout untuk single item Listview selanjutnya kita akan membuat Class baru yang akan kita jadikan Adapter Listview, untuk membuat class baru ikuti saja langkah-langkah diatas,  selanjutnya buka Class yang agan telah buat tadi kemudian tambahkan beberapa baris kode seperti dibawah ini

ListviewAdapter.java
pada kode diatas saya sudah membuat Adapter untuk Listview Menggunakan Class turunan ArrayAdapter yang saya gunakan pada Tutorial Custom Listview Dengan Android Studio.

Mengedit activity_main.xml

setelah agan menambahkan beberapa Class & Layout untuk Listview seperti diatas skarang kita akan mengedit activity_main.xml, isi dari activity_sendiri tidak jauh berbeda dengan Tutorial Listview yang sebelumnya, untuk jelasnya agan bisa lihat dibawah ini

activity_main.xml

Mengedit MainActivity.java

selanjutnya kita akan mengedit MainActivity.java, agan bisa buka MainActivity agan kemudian tambahkan beberapa kode seperti dibawah ini

MainActivity.java

bisa agan lihat kode di atas saya menambah Action pada Listview saat salah satu item diklik yang nantinya akan kita gunakan mengirim  Data List ke Activity baru :D nah untuk Logo saya sudah siapkan & telah saya masukan kedalam folder drawable di dalam Project :D nah sebelum kita manambah Action pada Item Listview ada baiknya agan menguji terlebih dahulu Aplikasi menggunakan Emulator/Smartphone agan, nah jika tidak terjadi error maka tampilannya akan seperti di bawah ini

Tutorial Custom Listview Dengan Android Studio


seperti yang saya sebut diatas di dalam Action Listview saya akan mengirim data ke activity baru untuk itu kita perlu membuat Activity baru, untuk membuat Activity baru agan bisa klik folder dengan nama package sesuai aplikasi agan kemudian pilih kanan New - Activity - Empty Activity kemudian masukan nama Activity & Layout yang agan inginkan, disini saya menamai Activity dengan DetailActivtiy & Layout dengan activity_detail , setelah selesai klik Oke.

pertama kita akan mengedit activity_detail.xml , langsung saja buka activity_detail agan kemudian tambahkan beberapa baris kode seperti dibawah ini

activity_detail.xml

oke selanjutnya kita akan mengedit DetailActivity, langsung saja buka DetailActivtiy agan kemudian tambahkan beberapa baris kode seperti dibawah ini

DetailActivity.java

nah setelah agan menambah activity baru kita akan menambah beberapa baris kode kedalam MainActivity untuk mengirim data, oke langsung saja buka kemudian tambahkan bebrapa baris kode pada bagian Listener untuk Listview Seperti di bawah ini

MainActivity.java


nah terakhir kita akan menguji Aplikasi apakah terdapat error atau tidak :D silahkan agan jalan di emulator/Smartphone agan.. :D jika tidak terjadi error saat mengirim data maka tampilan nya akan seperti di bawah ini

Tutorial Custom Listview Dengan Android Studio

Oke gan :D sekian Tutorial Custom Listview Dengan Android Studio dari saya ini ,jika ada yang agan kurang pahami dari tutorial di atas agan bisa menyematkan ke dalam kolom komentar apa yang kurang pahami, atau agan kurang paham karna kata kata saya , saya mohon maaf karna saya tidak bisa merangkai kata kata makanya saya sampai sekarang saya Alhamdulillah masih belum punya pasangan.


oke gan sekian dari saya :D Wassalam


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tutorial Membuat CustomView AlertDialog Dengan Android Studio

Pengenalan Activity dalam Pemrograman Android