Tutorial Membuat Listview Dengan Android Studio

Tutorial Membuat Listview Dengan Android Studio

ListView

Halo gan :D kali ini saya akan coba membahas Tutorial Membuat Listview Dengan Android Studio  , Listview sendiri adalah Komponen UI yang manampilkan beberapa data yang berupa list yang tersusun secara Vertical, untuk membuat Listview Ini di butuh kan sebuah Adapter, Adapter sendiri memiliki fungsi yang menjembatani antara Data dan Komponen UI

Listview Menurut Web Developer Android 

ListView is a view group that displays a list of scrollable items. The list items are automatically inserted to the list using an Adapter that pulls content from a source such as an array or database query and converts each item result into a view that's placed into the list.


Membuat Project Baru

kali ini saya akan membuat project dengan properties sebagai berikut

Nama Aplikasi : Tutorial ListView
Nama Package Aplikasi : com.jonesrandom.tutoriallistview

nah pada tutorial kali ini kita akan menggunakan Data berupa Array dan untuk Adapter kita akan menggunakan ArrayAdapter.

Mengedit activity_main.xml

nah pada activity_main.xml ini kita agan menambahkan Listview, oke langsung saja buka activity_main.xml agan kemudian tambahkan beberapa baris kode seperti dibawah ini

activity_main.xml

Mengedit MainActivity.java

nah selanjutnya kita akan mengedit MainActivity.java, buka MainActivity agan kemudian tembahkan beberapa baris kode seperti di bawah ini

MainActivity.java
pada kode di atas saya akan menampilkan nama nama daerah dari provinsi saya berupa String yang saya masukan kedalam Array Data :D karna kalo saya  masukin nama mantan percuma.. mantan saya cman 1, saya juga menambahkan Action jika salah satu List item di kllik :D

Menguji Aplikasi

oke gan.. agan bisa langsung menguji Aplikasi kedalam Emulator/Smartphone agan, di sini saya menggunakan Bluestack nah jika tidak terjadi error maka tampilan dari aplikasi agan akan seperti dibawah ini

Tutorial Membuat Listview Dengan Android Studio


Oke gan :D sekian Tutorial Membuat Listview Dengan Android Studio dari saya ini ,jika ada yang agan kurang pahami dari tutorial di atas agan bisa menyematkan ke dalam kolom komentar apa yang kurang pahami, atau agan kurang paham karna kata kata saya , saya mohon maaf karna saya tidak bisa merangkai kata kata makanya saya sampai sekarang saya Alhamdulillah belum punya pasangan.

oke gan sekian dari saya :D Wassalam  

Next Tutorial : Tutorial Custom Listview Dengan Android Studio

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Membuat CustomView AlertDialog Dengan Android Studio

Tutorial Custom Listview Dengan Android Studio

Pengenalan Activity dalam Pemrograman Android